Oleh: tcsemeru | Desember 26, 2007

Peternak burung puyuh dan Telecenter Semeru

Saya berternak puyuh sudah hampir satu tahun. Pada awalnya saya ragu untuk melakukan usaha ini, karena saya tidak punya pendidikan khusus dalam bidang peternakan,cuma mentok SMA saja.Belum lagi desas-desus warga sekitar tempat tinggal saya yang bilang kalau disini tidak cocok untuk budidaya burung puyuh, disebabkan karena suhu disini terlalu dingin.Tapi niat saya tetap kuat.
Setelah membaca informasi peternak-puyuh.jpgyang saya dapatkan itu saya langsung mempraktikannya.
Alhasil pada usia 40 hari burung puyuh yang saya rawat, mulai bertelur.Yang pasti saya sangat senang karena saya bisa membuktikan bahwa omongan warga kalau ditempat saya tidak cocok untuk budidaya puyuh itu salah.Merasa saya mampu dan sudah sedikit bisa saya menambah lagi bibit ( burung puyuh anakan ) sebanyak 400 ekor dan jumlah semuanya menjadi 500 ekor.
Dengan adanya Telecenter sangat membantu saya, saya jadi tidak usah mengeluarkan biaya transportasi untuk kerumah peternak yang lain kalau ada masalah atau untuk beli buku panduan.Waktu marak penyakit flu burung kemarin saya dapat informasinya juga cari-cari dari Telecenter Semeru ini. Nunggu dari dinas pertanian atau dari petugas kelurahan kelamaan. Dari Telecenter Semeru ini saya dapat informasi cara pencegahan dan ciri-ciri unggas yang terinfeksi flu burung. Dengan adanya Telecenter saya tidak ketinggalan informasi. Cukup jalan kaki ke Telecenter yang memang dekat rumah saya saja sudah dapat informasinya

Responses

  1. tolong kasih tau informasi selengkapnya, saya berminat mencobanya. trims

  2. Dear Pengurus Telecentre Semeru,
    Mhn informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara menjadi petani/penakar telur burung puyuh ?
    Mohon alamat yg bisa dihubungi.
    tks

  3. setuju. puyuh memang menjanjikan. saya sekarang punya 6500 ekor … ya… lumayan

  4. sy faulina dari program anak di Trans7..sy tertarik dengan usaha peternakan burung puyuh Anda. Bisakah sy minta nomor kontak peternak burung puyuh untuk mengajukan permohonan liputan tentang burung puyuh petelur?..mohon info via e-mail sy di atas..
    trimakasih..

  5. Minta Info yang lebih lengkap, saya sangat ingin mencoba.

  6. Saya sangat tertarik untuk mencoba beternak burung puyuh, tolong berikan tips-tips singkat bagaimana cara perawatan burung puyuh dan terutama bagaimana caranya untuk mengurangi bau tidak sedap yang ditimbulkan dari kotoran burung puyuh, thanks

  7. tolong saya diberi informasi peternak puyuh disekitar jabotabek

  8. tolong beritahu saya bagimana solusinya agar pemakaian pakan menjadi hemat dan alternatif lain selain pakan jadi.dan bahan-bahanya mudah didapat didaerah tampat tinggal saya (kamoung melayu) tangerang.tolong balas ke alamat e-mail saya.

    terima kasih.

  9. Dimana bs dptkan telor puyuh yg bs d tetaskan, sya d samarinda bgi siapa saja yg tau mohon hub sya di 081350059218

  10. bgmn memulai usaha burung puyuh?? thank’s

  11. Saya perlu informasi di mana saya bisa membeli bibit puyuh. Atau mungkin saya bisa membelinya dari Anda.
    Tolong diinformasikan alamat & no. tlp secepatnya ke no. 081320481004 (Nelly)
    Terima kasih

  12. mohon d perjelas dong pak biar lebih mengerti soalnya sayah juga pengen nernak

  13. Mhon petunjuknya, gimana sya bisa memperoleh telur bibit puyuh putih, dn bgaimana cra krm nya. Trms

  14. maaf saya mo tanya cara membedakan telur bibit dan konsumsi itu gimana ya? trus cara membedakan puyuh jantan dan betina pada minggu ke 3 dan 4?

    • buat zend: telur bibit diperoleh bila puyuh betina disatukan dengan jantan (1 jantan dengan 3 betina), sedangkan telur konsumsi dihasilkan oleh betina yang tidak diberi jantan. Membedakan jantan dan betina terlihat dari bulu dibagian leher dekat tembolok, yang jantan bulunya coklat mulus, sedangkan yang betina bulu coklat bercak-bercak atau ada totol-total warna yang lebih muda.

  15. BISA KAH SAYA MENDAPATKAN INFORMASI MENGENAI TERNAK BURUNG PUYUH

  16. Dear Pengurus Telecentre Semeru,
    Mhn informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara menjadi petani/penakar telur burung puyuh ?
    Mohon alamat terdekat yg bisa dihubungi.saya tinggal di trenggalek jatim
    tks

  17. Pengurus Telecentre Semeru,
    Mhn informasi lebih lanjut tentang bagaimana cara menjadi petani/penakar telur burung puyuh ?
    Mohon alamat terdekat yg bisa dihubungi.saya tinggal di trenggalek jatim
    tks

  18. assalamualaikum saya hery mahasiswa ugm…
    sampai saat ini saya sangat tertarik jika nantinya setelah lulus kuliah mempunyai peternakan burung puyuh karena di daerah saya hampir tidak ada peternakan burung puyuh
    say ingin mengetahui cara pembudidayaan yang benar bagi para pemula dan segala macam urusannya.
    lalu jika akan mulai menernakan bibit bisa diperoleh dari mana??

    • saya siap membantu konsultasi beternak puyuh via internet (adedjul@yahoo.co.id) atau 081374407876

  19. kalau harga bibit burung puyuh berapa?? kalau cabang di bandung atau sekitarnya, ada ngga? balas ke email saya.

  20. Sayanp tidak ada info tentang harga2 produk unggas yg selalu diupdete sebagai bahan perbandingan sekaligus info harga

  21. mohon informasi yang dapat diberikan mengenai tehnis beternak burung puyuh dan tempat mendapatkan DOD yang terdekat dari Depok

  22. apa saja resiko dari peternakan burung puyuh??

  23. Saya memerlukan bibit Puyuh negri, harus beli kemana? siapa pun yang tahu tolong kirim Email ke alamat saya atau hibungi Hp. 081323587981


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: