Oleh: tcsemeru | Mei 29, 2008

Scouting Achievement Award 2008 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang

SCOUTING ACHIEVEMENT AWARD 2008 merupakan bentuk kegiatan prestasi kepramukaan yang bertujuan untuk pembinaan Gugus Depan secara menyeluruh melalui sebuah kompetisi

Kompetisi yang dimaksudkan adalah untuk pembenahan dan melengkapi kekurangan Gugus Depan dengan berbagai Indikator yang terbagi dalam 3 Bidang penilaian yaitu PROFILE, ACHIEVEMENT AND DEVELOPMENT dan JOIN THE CAMP. Setiap bidang memiliki beberapa tolak ukur yang diharapkan kegiatan ini bukan hanya sebagai ajang lomba semata akan tetapi harapan di masa depan adalah sebagai langkah pembenahan menuju gugus depan yang ideal.

Kegiatan Scouting Achievement Award 2008 dilaksanakan tanggal 26 sammpai dengan 27 April 2008 dimulai dari Opening Ceremony di Lapangan Kecamatan Pasrujambe depan Telecenter Semeru. setiap Gugusdepan diperbolehkan untuk membawa kibaran atau bendera masing-masing. Sebelum opening ceremony dimulai, seluruh peserta diharuskan mendaftar dan mengambil nomor peserta, mengambil foto tim, memasang leaflet di sekitar tempat upacara, dan Menampilkan identitas dan ciri khas Gugusdepan masing-masing dengan lagu, yel-yel, dan lain-lain sesuai dengan kreasi masing-masing Gugusdepan.

Berbagai lomba yang sudah disediakan oleh panitia yaitu Desain Leaflet. Lomba desain leaflet adalah ajang unjuk kebolehan anggota Gugusdepan di bidang desain. Leaflet yang sudah dipersiapkan dari pangkalan masing-masing dipasang di sekitar lapangan upacara sebelum opening ceremony dan dipresentasikan kemudian kepada juri dan audience dengan durasi waktu 10 menit. Desain Leaflet yang akan dinilai harus sesuai ketentuan yaitu Karya asli dari anggota Gugusdepan (peserta didik), Berbentuk print out ukuran A4 atau folio dengan tema “ Scouting For All “ dengan berbagai macam warna yang ditempelkan pada penyangga.

Lomba berikutnya adalah Lomba Foto / Dokumentasi kegiatan yang bertempat di ruangan Aula Telecenter Semeru. Berbagai dokumentasi kegiatan-kegiatan yang pernah dilakukan oleh Gugusdepan atau foto-foto editing yang telah dibuat dikumpulkan dalam format CD. Sebuah animasi gambar bergerak atau slide show dipersentasikan kepada juri dan audience dengan durasi 10 menit dengan memuat judul, pesan dan sisi positif dalam Gerakan Pramuka. Lomba Foto / Dokumentasi Kegiatan ini berguna untuk mempromosikan Gerakan Pramuka. Selain lomba dokumentasi kegiatan secara bersamaan juga dilaksanakan lomba Teknologi Informasi bertempat di ruangan komputer Telecenter Semeru. Lomba Teknologi Informasi ini peserta mendapat soal dari panitia dan mencari jawaban di internet selanjutnya jawaban dikirim ke email Sangga Kerja. Masing-masing peserta diberi waktu selama 45 menit.

elain ketiga lomba tersebut juga masih ada lomba lainnya yang dilaksanakan secara bersamaan dengan sejumlah lomba-lomba lainya seperti Lomba English Presenting yang dilaksanakan di ruangan Puskesmas Pasrujambe, lomba Pengetahuan Kepramukaan dilaksankan di Pendopo Kecamatan Pasrujambe. setelah mengikuti Opening Ceremony dan lomba-lomba yang dilaksakan di kecamatan Pasrujambe, kegiatan selanjutnya adalah Orientering. Peserta berjalan dari lapangan kecamatan Pasrujambe menuju lapangan Jeketro kecamatan Tempeh yang jaraknya bisa ditempuh kurang lebih 6 Km. Selama perjalanan peserta membuat peta-pita yang nantinya akan dijadikan peta perjalanan dengan skala yang sudah ditentukan. Kegiatan lomba Orientering adalah pendukung perjalanan peserta selama kegiatan berlangsung. selain peserta Scouting Achievement Award juga diikuti oleh peserta Pendukung / Partisipan yang melakukan berbagai macam kegiatan yaitu Kegiatan Bakti Masyarakat, Outbond, Orientering, dan Perkemahan.
Puncak dari kegiatan Scouting Achievement Award 2008 adalah join The Camp yang berbentuk perkemahan persahabatan. Dalam kegiatan inilah diumumkan pemenang sekaligus penganugerahan award untuk setiap bidang lomba yang sudah diikuti. Dari kegiatan ini diharapkan guna supaya profil Penegak dan Pandega Lumajang menuju perubahan yang lebih baik.


Responses

  1. Tolong informasikan bila ada kegiatan pramuka baik di lumajang atau yang lain
    nanti bila ada kegiatan bisa menghubungi SMPN 1 TEMPEH

  2. salam Pramuka…salam buat kakak – kakak yang ada di Lumajang..majulah Pramuka kita

  3. Di pagowan koneksinya pake telkomnet instan apa Speedy bos?

    Reply :
    Sebelumnya terima kasih sudah mengunjungi blog kami
    di Telecenter Semeru tepatnya di Jln. Raya Pagowan Desa Kertosari Kecamatan Pasrujambe untuk koneksinya sekarang kami menggunakan IM2 dari Indosat. Kami juga menyediakan WIFI untuk skitar alun2 eh lebih tepatnya di skitar lapangan kecamatan Pasrujambe yaitu lapangan yang ada di depan Telecenter ini jadi masyarakat Lumajang khususnya masyarakat Pasrujambe selain bisa hotspotan di alun2 kota juga bisa di alun kecamatan Pasrujambe yang langsung bisa dinikmatii koneksi gratis dari server kami. tapi tuk saat ini yang menggunakan WIFI sangat jarang karena masyarakat lebih suka internetan di Telecenter Semeru ini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: