Oleh: tcsemeru | September 17, 2008

Combine Dampingi TC Semeru dan Radio TC Semeru FM

Dalam misinya untuk mendukung pengembangan jaringan informasi berbasis komunitas, Combine Resource Institution (CRI) dalam satu setengah bulan ini akan mendampingi Radio Komunitas ( Rakom ) Telecenter (TC) Semeru Fm dan Telecenter Semeru Desa Kertosari, Kecamatan Pasrujambe.


Hari pertama, CRI memberikan pelatihan untuk pengelola dan warga sekitar. Salah satunya pelatihan jaringan internet berupa pembuatan Wajanbolic. Dengan Wajanbolic yang terkoneksi ke Telecenter Semeru, warga yang mempunyai komputer dapat berselancar di dunia maya 24 jam secara berlangganan. Hal ini diharapkan bisa untuk dijadikan income tambahan Telecenter Semeru.

“Kita punya koneksi yang lumayan, kalau tidak dimanfaatkan terasa sia-sia,” kata Amrun salah satu tutor pelatihan Jaringan Internet tersebut.

Pelatihan yang berlangsung selama satu hari itu disambut dengan antusias para peserta. Setelah melihat tutorial dan penjelasan dari Combine di Aula TC Semeru, peserta diminta praktek merangkai Wajanbolic. Ketika ujicoba di luar area Wifi TC Semeru, dengan menggunakan Wajanbolic kita dapat menangkap jaringan koneksi dari TC Semeru.

Kelemahan dari wajanbolic adalah koneksi lemah jika terhalang oleh pepohonan ataupun gedung-gedung. Dalam proses perluasan dan penambahan pelanggan wajanbolic, TC Semeru harus meninggikan tower kentongan (pemancar).

CRI mengirim 2 orang fasilitatornya untuk bersama-sama membangun kembali Rakom TC Semeru Fm. Kerusakan perangkat pemancar radio menyebabkan terhentinya proses siaran. Beberapa waktu lalu, perbaikan pemancar radio telah dilakukan. Setelah dilakukan beberapa kali test, ternyata masih kurang sempurna.

Sahlan Bahsyar, manager TC Semeru dan Radio TC Semeru FM mengatakan akan segera mencari perangkat baru jika perangkat yang lama tidak bisa sempurna lagi.

Kegiatan selama satu setengah bulan ke depan ini, dijadwalkan melakukan beberapa program. Diantaranya survei penguatan komunitas TC Semeru FM, penawaran wajanbolic kepada masyarakat, praktek jurnalistik, penulisan berita serta teknik baca berita di radio.

Dengan jadwal yang padat di bulan Ramadhan ini diharapkan mampu menghidupkan kembali kegiatan TC Semeru dan TC Semeru FM. Dengan demikian, TC Semeru dan TC Semeru FM dapat memberikan pelayanan dan dapat pemberdayakan masyarakat di Desa Kertosari ke arah yang lebih modern.(kofan)


Responses

  1. maju ya telecenter……mo nannya ni ya bisa ga di dusun saringan bisa menjangkau jaringan internet dengan akses wajanbolic .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: