Oleh: tcsemeru | Oktober 19, 2008

Rp 39 Miliar BLT Dikucurkan, Gakin Susulan Di Nomor Duakan

LUMAJANG – Sebanyak Rp 39 miliar dana bantuan tunai langsung (BLT) mulai awal pekan ini dikucurkan Kantor Pos Lumajang. Pembagian dana BLT itu dilakukan bertahap di tiap balai desa. Hanya saja, untuk pembagian dana BLT susulan dibagikan setelah BLT reguler tuntas.

Langkah itu terpaksa diambil kantor pos karena pencairan untuk gakin (keluarga miskin) susulan lebih rumit dibandingkan gakin reguler. Sebab, gakin susulan harus membubuhkan tanda tangan atau cap jempol di formulir yang disediakan oleh pihak kantor pos.

“Dana untuk penerima BLT susulan dibagikan setelah yang reguler tuntas,” ungkapnya. Pasalnya, untuk pembagian dana BLT susulan membutuhkan proses yang lebih panjang. Sebab, penerima BLT susulan tidak mengacu pada kartu BLT seperti yang reguler.

Selain itu, mutasi belasan camat berimbas negataif terhadap pencairan BLT tahap kedua yang dilakukan kantor pos. Gara-gara mutasi tersebut, Kantor Pos Lumajang sedikit kesulitan melakukan koordinasi dengan camat baru atau kabag pemerintahan yang baru.

Koordinator pembagian BLT Kantor Pos Lumajang, Heni Setyo Nusanto, mengakui hambatan pada pencairan BLT tahap kedua yang dimulai hari ini. “Harus diakui mutasi camat sedikit menghambat pencairan BLT,” kata Heni kepada Erje.

Menurut dia, hambatan itu terjadi pada proses koordinasi antara kantor pos dan camat. “Sejak ada mutasi camat yang lama susah dihubungi seperti biasanya,” ungkap Heni.

Karena itu, pihaknya lebih proaktif untuk berkoordinasi dengan pejabat terkait. Salah satu caranya dengan menghubungi pejabat kecamatan yang akan dicairkan dana BLT-nya. “Kami banyak menghubungi ke kantor kecamatan. Itu hanya bsia dilakukan saat jam kerja saja,” imbuhnya.

Padahal, sebelumnya, pihak kantor pos sangat mudah berkoordinasi dengan kecamatan tersebut. Setiap menjelang pencairan BLT, kedua intansi pemerintah itu bahu-membahu untuk memperlancar pencairan BLT. Baru setelah ada mutasi, koordinasi dengan kecamatan agak susah dilakukan. (aro)

Sumber : Jawa Pos


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: